Kawasan Kuliner Baiman Banjarmasin

Kuliner Banjar sudah terkenal lezat sejak dahulu. Tidak heran jika kuliner khas Kalimantan timur ini selalu menjadi incaran para penikmat kuliner di Indonesia. Jika kamu berkunjung ke Banjarmasin dan ingin menikmati banyak hidangan khas Banjar, kamu bisa mengunjungi kawasan kuliner Baiman Banjarmasin.

5 Hidangan Banjar yang Wajib Dinikmati Di Kawasan Kuliner Baiman Banjarmasin

Banjarmasin adalah salah satu kota di Kalimantan Timur yang menyimpan banyak kekayaan kuliner. Beberapa makanan khas Banjarmasin sudah terkenal hingga ke penjuru Indonesia. Kawasan kuliner Baiman Banjarmasin menyuguhkan berbagai kelezatan kuliner khas Banjar yang bisa menjadi destinasi wisata jika kamu berkunjung kesana.

Kapan lagi kamu bisa berlibur sambil menikmati lezatnya masakan khas Banjar. Apa saja makanan khas Banjar yang ada di kawasan Kuliner Baiman ini? Simak informasinya berikut ini. 

  • Soto Banjar

Ketika berkunjung ke Banjarmasin, tentu kuliner yang pertama wajib untuk dicicipi adalah Soto Banjar. Ketenaran Soto Banjar sudah menyebar ke seluruh Indonesia. Bahkan kelezatan Soto Banjar sampai dijadikan salah satu rasa merek mie instan di negara kita.

Banyak yang tidak bisa menolak kelezatan Soto Banjar ini. Rasanya yang gurih namun segar sangat cocok disantap dalam suasana apapun. Rasa Soto Banjar yang otentik membuat para pecinta kuliner tidak bisa melupakan kenikmatan makanan satu ini.

  • Garang Asam Banjar

Tidak kalah lezatnya dengan Soto Banjar, garang asem Banjar juga harus kamu cicipi saat berkunjung kesana. Rasa asam dan gurih dari garang asem sangat cocok disantap saat makan siang. Selain itu garang asam Banjar juga memiliki ciri khas yakni menggunakan daging ikan sebagai bahan utamanya.

Perbedaan garang asem ala Banjar dengan garang asam Jawa, yakni kuahnya yang berwarna kuning dan terasa leih pekat. Hal inilah yang membuat garang asem Banjar memiliki rasa lebih kental daripada garang asem di Jawa.

  • Lontong Orari

Jika kamu suka dengan hidangan lontong atau ketupat, kamu perlu mencoba lontong orari ini. lontong orari adalah lontong khas Banjar yang memiliki bentuk menyerupai ketupat namun lebih besar. Satu porsi Lontong Orari ini cukup besar sehingga membuat para penikmatnya merasa kenyang lebih lama.

Baca Juga :  Kuliner Khas Gorontalo yang Wajib Kamu Coba

Hampir sama dengan lontong sayur, lontong orari juga disajikan dengan sayur. Selain itu juga ada beberapa luk pendamping seperti ayam goreng, telur, atau lainnya.

  • Amparan tatak

Salah satu jajanan pasar yang bisa kamu temui di kawasan Kuliner Baiman Banjarmasin adalah amparan tatak. Amparan tatak terbuat dari campuran tepung, santan, gula, dan diberi tambahan isian pisang. Mungkin hidangan ini mirip dengan apem apabila di Jawa.

Kamu bisa mencicipi amparan tatak ini sebagai teman minum kopi atau teh. Bisa juga kamu mencicipi kue ini sebagai makanan penutup setelah menikmati lezatnya hidangan-hidangan khas Banjar lainnya.

  • Dodol Kandangan

Kawasan Kuliner Baiman juga menjual berbagai makanan ringan yang bisa kamu bawa untuk oleh-oleh. Salah satu pilihan oleh-oleh khas Banjar yang bisa kamu bawa pulang adalah dodol Kandangan ini. Dodol Kandangan hampir mirip dnegan jenang dodol pada umumnya. Rasa manis legitnya sangat cocok dikonsumsi sebagai teman minum kopi.

Masakan Banjar memang tidak ada habisnya untuk dieksplor. Jangan lupa untuk mengunjungi Kawasan Kuliner Baiman Banjarmasin untuk menikmati lezatnya masakan ala Kalimantan Timur yang tidak dapat kamu temui di kawasan lainnya. Diantara semua yang sudah kita bahas di atas, makanan mana yang paling menggoda selera makan kamu?

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *