Kenaikan menteri luar negeri yang dipecat terkait dengan hubungannya dengan presiden; penghilangan dan pemecatannya telah menyebabkan skandal

Pencabutan posisi Qin Gang, seorang pengikut setia Jinping dari posisi Menteri Luar Negeri Tiongkok menjadi pelanggaran politik di negara menjadi salah satu yang terbesar. Qin menghabiskan 7 bulan menjalankan peran itu. Ribuan petinggi, termasuk rival politik tingkat tinggi Xi, telah menjadi sasaran kampanye penolakan korupsi dan ada berfikir sengaja disingkirkan.

Terakhir kali Qin terlihat pada pertemuan dengan pejabat luar negeri di kota Beijing saat dua puluh lima Juni. 2 minggu setelahnya, seorang jubir Kemenlugri Tiongkok memberi alasan karena kesehatan menjadi penyebab keabsenan Qin dari konferensi Asean segera di negara Indonesia dan sesudah itu keabsenannya tidak dibicarakan lagi dan pertanyaan dari wartawan asing diberhentikan.

Kebangkitan Qin disangkutpautkan dengan relasinya dengan Xi. Saat Minggu,dirilis oleh Washington Times merujuk seorang petinggi administrasi Joe Biden yang namanya tidak disebutkan, mengucapkan  Qin tidak digemari oleh Kemenlugri China. Penunjukannya untuk peran itu dilihat untuk  loncatan di depan kandidat lain, dan analis mengatakan kejatuhan akan sangat menampar citra bagi Jinping bahwa penilaiannya dipertanyakan.

Walaupun Qin absen selama 1 bulan, pemutusan dan pengangkatan Wang dinilai tampak gesa-gesa. Rapat komite yang memerintahkan penggantian kabinet disampaikan dengan pemberitahuan 1 hari saja, dan masih ada indikasi kenaikan Wang dinilai hanya untuk sifat yang sementara.

Qin hidup di timur laut Tianjin di 1966 dan menikah dengan memiliki satu orang putra. Qin telah bergabung dalam anggota Partai Komunis Tiongkok mulai pada 1998, bergabung saat bagian awal karirnya ketika dia bertugas di kedutaan pemerintah Inggris, yang pertama dari tiga penempatan pada negara itu.

Baca Juga :  Prabowo dan Jokowi Gelar Upacara HUT RI di IKN

Baca Juga : Drone DJI Air 3: Inovasi Baru di Dunia Drone

Desas-Desus Beredar Tentang Kejatuhan Dramatis Loyalis Xi Qin Gang dan Naik dan Turunnya Qin

Dari 2011 hingga 2018, Qin adalah direktur departemen informasi kementerian luar negeri dan kemudian departemen protokolernya, di mana dia dianggap telah tumbuh dekat dengan Xi sebagai pembantu yang mengatur perjalanan pemimpin dan menemaninya. Qin menghabiskan beberapa tahun sebagai asisten menteri dan kemudian wakil menteri luar negeri, kemudian pada pertengahan 2021 dia diberi peran paling menonjol, duta besar untuk AS.

Enam bulan setelah berakhirnya kepresidenan Trump, masih jauh di dalam pandemi dan di tengah sanksi tit-for-tat yang sedang berlangsung, hubungan dengan Washington berada pada titik terendah. Qin tampaknya bertekad untuk memperbaiki hubungan AS-Tiongkok, yang menurutnya adalah yang paling penting bagi Tiongkok. 

Perjalanan Qin dan Beberapa Masalah

Selama 17 bulan dalam perannya, Qin – yang pengalamannya lebih banyak dalam hubungan Eropa Barat daripada Amerika – dibangun di atas reputasi prajurit serigala. Dalam wawancara pertamanya, dia menuduh pemerintah Taiwan mencari kemerdekaan, memperingatkan hal itu mungkin akan menyebabkan konflik militer AS-China, dan dia membela tindakan keras terhadap Uyghur di Xinjiang.

berita terupdate Akses Qin dilaporkan terbatas hanya pada beberapa tokoh tinggi AS, menurut Politico, jadi dia beralih ke tingkat pemerintahan yang lebih rendah, berkeliling ke seluruh negeri. “Cerita dari kedutaan bahkan baru-baru ini [2022] adalah bahwa Qin Gang tidak terlihat oleh pejabat AS dan karena itu dia menghabiskan waktu di tingkat sub-nasional… akan mengunjungi walikota dan gubernur,” Bonnie Glaser, direktur program Asia di German Marshall Fund yang berbasis di AS, mengatakan kepada Politico pada bulan November.

Baca Juga :  Dаftаr Mеntеrі Terbaru Kаbіnеt Indоnеѕіа Maju Uѕаі Jоkоwі Rеѕhufflе

Jika pemerintah AS telah membekukan Qin – sebuah klaim yang dibantah oleh Gedung Putih – mungkin disesalkan ketika dia secara prematur ditarik dari jabatan duta besar dan dipromosikan ke dewan negara PKC dan kemudian ditunjuk sebagai menteri luar negeri pada bulan Desember. Dalam salah satu pernyataan pertamanya sebagai menteri luar negeri, dia menggambarkan hubungan AS-Tiongkok sebagai “permainan zero-sum di mana Anda mati dan saya hidup”.

Dalam sistem pemerintahan China, menteri luar negeri adalah pelaksana kebijakan, bukan perancang kebijakan, tetapi masih memiliki peran yang sangat terlihat dan terfokus secara internasional. Dalam enam bulan pertamanya, Qin berkeliling dunia pasca-pandemi dan menjamu banyak pejabat dan pejabat asing di Beijing. Dia berada di depan dan tengah membela China selama saga balon mata-mata, dan mendorong China untuk dilihat sebagai pembawa damai yang potensial dalam perang Rusia-Ukraina.

Qin tetap di dewan negara untuk saat ini, yang hanya memicu spekulasi lebih lanjut. Desas-desus termasuk perebutan kekuasaan dengan Wang, kesalahan politik selama atau sekitar pertemuan dengan menteri luar negeri AS, Antony Blinken, seminggu sebelum Qin menghilang, atau disusupi oleh dinas intelijen asing.

Ada dugaan perselingkuhan dengan pembawa berita TV yang juga tidak terlihat di depan umum sejak dia memposting tweet termasuk foto dirinya mewawancarai Qin pada 11 April, tetapi analis mengatakan perselingkuhan biasanya tidak akan memicu pembersihan politik sendiri. .

Tidak ada investigasi yang diumumkan dan masih ada kemungkinan hilangnya Qin terkait dengan kesehatan atau bahwa dia dikesampingkan, seperti mantan juru bicara kementerian luar negeri lainnya, Zhao Lijian.

“Tapi ada indikasi bahwa Qin berada dalam masalah yang jauh lebih besar dari itu,” James Palmer, editor Kebijakan Luar Negeri, menulis pada hari Rabu, mencatat penghapusan referensi ke Qin dari situs web pemerintah. “Pemecatan Qin yang tiba-tiba – bahkan jika normal dalam sistem politik seperti China – dapat mengindikasikan bahwa dia terseret ke dalam shuanggui, sistem interogasi ekstrayudisial China untuk anggota PKC yang dianggap sebagai tersangka politik.”

Baca Juga :  Pemimpin Militer Prabowo Subianto Bertransformasi Menjadi Figur Politik

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *